Otomikosis/ Jamur Liang Telinga

Otomikosis adalah infeksi jamur yang mempengaruhi satu, atau kadang-kadang kedua telinga.

Banyak pada orang-orang yang tinggal di daerah hangat atau tropis. Sering terjadi juga pada  orang yang sering berenang, penderita diabetes, atau memiliki kondisi medis dan kulit kronis lainnya.

Ada beberapa pilihan pengobatan untuk otomikosis, namun bukan pengobatan secara antibiotika. Tetes antibitiotika secara berdiri sendiri tidak bisa menyebuhkan, namun kombinasi dengan anti jamur cukup efektif menyembuhkan. 

Gejala otomikosis

Gejala-gejala berikut ini umum untuk otomikosis:

nyeri, gatal, peradangan, bengkak, kemerahan, kulit bersisik, rasa penuh di telinga, masalah pendengaran.

keluar cairan  telinga adalah salah satu gejala yang paling umum dan mungkin warna yang berbeda. Anda mungkin melihat cairan putih, kuning, hitam, abu-abu, atau hijau.

Penyebab Otomikosis

Jamur menyebabkan otomikosis. Ada hampir 60 spesies jamur berbeda yang mungkin bertanggung jawab atas infeksi ini. Jamur umum termasuk Aspergillus dan . Terkadang bakteri dapat bergabung dengan jamur dan membuat infeksi menjadi lebih rumit.

Otomikosis lebih sering terjadi di daerah tropis dan hangat karena jamur dapat tumbuh lebih baik di daerah tersebut. Infeksi ini juga lebih sering terjadi selama bulan-bulan musim panas. Jamur membutuhkan kelembaban dan kehangatan untuk tumbuh.

Orang yang berenang di air yang terkontaminasi lebih mungkin terkena otomikosis. Bahkan berenang atau berselancar di air bersih dapat meningkatkan risikonya.

Selain itu, orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, trauma atau cedera di telinga, , atau masalah kulit kronis lainnya berisiko lebih tinggi terkena infeksi jenis ini.

Mendiagnosis otomikosis

Temui dokter jika ada rasa sakit dan keluarnya cairan di salah satu atau keduanya telinga Anda. Anda mungkin memerlukan obat-obatan untuk mengatasi penyebab dan gejalanya, sehingga diperlukan diagnosis yang tepat untuk masalah tersebut.

Dokter akan mengumpulkan riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik untuk mendiagnosis otomikosis. Mereka mungkin menggunakan , yang merupakan perangkat berlampu yang digunakan untuk melihat ke dalam telinga di gendang telinga dan saluran telinga.

Mereka mungkin menyeka telinga Anda untuk menjalankan tes laboratorium pada kotoran, penumpukan, atau cairan. Tes biasanya termasuk melihat organisme di bawah mikroskop.

Pengobatan otomikosis

Ada beberapa pilihan pengobatan untuk otomikosis. Bicaralah dengan dokter THT Anda untuk menentukan yang terbaik untuk infeksi jamur Anda.

Membersihkan

Dokter Anda dapat membersihkan telinga Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan penumpukan dan kotoran. Dokter menggunakan obat anti jamur  atau metode lain untuk membersihkan telinga Anda. Jangan mencoba ini di rumah dengan kapas atau menggunakan instrumen lain di dalam telinga Anda.

Previous
Previous

Tinnitus Gejala dari beberapa Penyakit, bukan hanya Penyakit Telinga saja.

Next
Next

Nyeri Telinga dan Keluar Lendir, Kenapa?